Pengertian Komunikator dan Syarat Komunikator

Sahabat Pelajar - Berikut ini adalah pembahasan tentang Pengertian Komunikator, Syarat Komunikator, Komunikan dan Pesan dalam Pidato serta Cara Mengomentari Pidato, Berikut pembahasannya.

Pengertian Komunikator

Komunikator adalah pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan kepada komunikan (penerima pesan) dalam sebuah proses komunikasi. Dengan kata lain, komunikator merupakan seseorang atau sekelompok orang yang berinisiatif untuk menjadi sumber dalam sebuah hubungan. (wikipedia)
Dalam berpidato ada tiga unsur yang amat penting, yakni komunikator, pesan, dan komunikan.
Komunikator adalah orang yang menyampaikan pidato. Pesan adalah inti yang hendak disampaikan dalam pidato tersebut. Ada pun komunikan adalah orang yang mendengarkan atau menerima pesan pidato tersebut.

Jika salah satu dari ketiga unsur itu tidak ada, pidato tidak dapat berjalan. Sebelum memberikan komentar tentang isi pidato, kalian harus benarbenar memahami isi pidato yang kalian dengarkan secara keseluruhan.

Pemahaman terhadap isi pidato akan kalian gunakan untuk menemukan hal-hal pokok dan menyimpulkan pesan pidato sebagaimana telah dibahas sebelumnya.

Hal-hal penting dan pokok dalam sebuah naskah atau teks pidato yang baik dan benar adalah terdiri atas poin-poin berikut ini:
  1. topik pidato,
  2. permasalahan yang diuraikan dalam pidato, dan
  3. solusi-solusi yang diberikan.

Cara Mengomentari Pidato

Dalam memberikan komentar terhadap isi pidato, hal-hal berikut ini perlu diperhatikan.
  1. Komentar harus disertai dengan alasan atau bukti yang logis (masuk akal).
  2. Komentar disampaikan dengan bahasa yang santun.

Syarat Komunikator

Untuk menjadi seorang komunikator yang baik, terdapat beberapa hal yang perlu dipahami yakni
  • seorang komunikator yang baik perlu menyusun dengan baik isi pesan yang akan disampaikan, sehingga pesan tersebut mudah dimengerti oleh pihak penerima. 
  • Komunikator yang baik juga harus mengetahui mana media yang paling tepat untuk mengirimkan pesan kepada penerima dan harus tahu bagaimana cara mengantisipasi gangguan yang akan muncul pada proses pengiriman pesan. 
  • komunikator yang baik akan bertanggung jawab memberikan tanggapan terhadap umpan balik (feedback) yang disampaikan oleh pihak penerima (receiver).

Baca Juga : Pengertian Penokohan dan Cara Pengarang Menggambarkan Watak Tokoh pada Novel beserta Contohnya

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Pengertian Komunikator dan Syarat Komunikator"