Pengertian Cerpen, Ciri-ciri Cerpen dan Struktur Cerpen Lengkap

Sahabat Buku Pelajar-Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cerpen yang meliputi pengertian cerpen, contoh cerpen, ciri-ciri cerpen, contoh cerpen beserta strukturnya, contoh cerpen beserta unsur intrinsik, contoh cerpen singkat, contoh cerpen dan unsur intrinsiknya, unsur ekstrinsik cerpen

Pengertian Cerpen

Cerpen adalah jenis karya sastra yang memaparkan kisah ataupun cerita tentang kehidupan manusia lewat tulisan pendek. Cerpen juga bisa disebut sebagai karangan fiktif yang berisikan tentang sebagian kehidupan seseorang atau juga kehidupan yang diceritakan secara ringkas yang berfokus pada suatu tokoh saja.

Membaca Cerpen

  • Latar Cerpen

Cerpen adalah cerita rekaan yang masalahnya singkat, jelas, padat, dan terkonsentrasi pada suatu peristiwa. 
Latar atau setting mengandung pengertian tempat, hubungan waktu dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa.

Latar waktu dapatdiketahui melalui lokasi terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam cerpen. Untuk soal UN, soal yang sering muncul adalah menentukan buktinya.


  • Bukti Watak Tokoh Cerpen 


Bukti watak tokoh merupakan bukti tuduhan pada watak yang kita berikan. Misalnya kalau kita mengungkapkan watak si A ramah, apa buktinya? Sebenarnya ini dapat diambil dari cara pengarang menggambarkan watak tokoh.


  • Cara Pengarang Menggambarkan Watak Tokoh


Penokohan adalah gambaran yang jelas tentang seseorang yang ditampilkan dalam sebuah cerita.
Sumardjo dan Saini KM melukiskan watak tokoh dalam cerita dapat dengan cara sebagai berikut :
  • Melalui perbuatannya, terutama sekali bagaimana ia bersikap dalam menghadapi situasi krisis.
  • Melalui ucapannya.
  • Melalui gambaran fisiknya.
  • Melalui keterangan langsung yang ditulis oleh pengarang.

Secara singkat, cara pengarang mengambarkan watak tokoh dapat melalui :

  • Tingkah laku tokoh.
  • Dialog tokoh yang bersangkutan.
  • Dialog tokoh lain, dan
  • Keterangan langsung dari pengarang

Ciri-ciri Cerpen

Lebih terperinci cerpen memiliki ciri-ciri, yaitu

  1. pada umumnya ceritanya pendek (ada yang mengatakan sekitar sepuluh ribu kata, selesa dibaca dalam ”sekali duduk”: 20-30 menit);
  2. yang diceritakan sesuatu yang benar-benar penting dan berarti;
  3. isinya singkat dan padat;
  4. sanggup memberi kesan mendalam dalam hati pembaca;
  5. jumlah tokoh antara 1 – 4 dan wataknya digambarkan sekilas ”hanya” untuk menghadapi konflik;
  6. hanya mengandung satu konflik atau permasalahan;
  7. alur yang digunakan bersifat rapat (tidak memungkinkan adanya perkembangan atau munculnya alur baru);
  8. tidak menyebabkan perubahan nasib pada tokohnya.


Struktur Cerpen 

Dalam pembuatan cerpen kita juga harus mengetahui tentang kerangka atau struktur dari sebuah cerpen. Adapun struktur cerpen itu sendiri  terdiri dari abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi dan koda. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas kerangka tersebut satu persatu:

1. Abstrak

Abstrak adalah ringkasan dari sebuah cerita. Abstrak merupakan inti dari cerita yang akan dikembangkan menjadi beberapa rangkaian kejadian. Abstrak juga bisa disebut sebagai gambaran awal dalam cerita. Abstrak bersifat opsional yang mana dalam sebuah cerpen, kita boleh tidak menggunakan abstrak.

2. Orientasi

Orientasi adalah hal-hal yang berhubungan dengan suasana, tempat dan waktu yang ada dalam cerita tersebut. Biasanya orientasi tidak hanya terpaku pada satu tempat, suasana dan waktu. Karena dalam sebuah cerita terdapat banyak kejadian dan tokoh yang berbeda-beda.

3. Komplikasi

Komplikasi merupakan rangkaian kejadian-kejadian yang berhubungan dan ber risikan tentang sebab akibat kejadian sebuah cerita. Dalam struktur ini kamu bisa menentukan watak atau karakter dari tokoh cerita. Watak atau karakter dari tokoh dapat muncul karena kerumitan permasalahan yang mulai terlihat.

4. Evaluasi

Evaluasi yaitu struktur dari konflik-konflik yang terjadi dalam cerita yang mengarah pada titik klimaks atau puncak permasalahan dan mulai mendapatkan gambaran penyelesaian dari konflik tersebut. Struktur ini merupakan struktur yang sangat penting. Karena struktur ini sangat menetukan menarik tidaknya suatu cerita. Dalam struktur ini penulis dapat menyajikan konflik-konflik yang mampu mebuat hati pembaca terbawa suasana. Sehingga pembaca lebih menghayati dan menjiwai karakter yang ada dalam cerita ini.

5. Resolusi

Resolusi merupakan penyelesaian dari evaluasi. Biasanya resolusi sangat dinanti-nati oleh pembaca, karena pada struktur ini pengarang memberikan solusi mengenai permasalahan yang dialami seorang tokoh atau pelaku dalam cerita.

6. Koda

Koda ialah nilai ataupun pelajaran yang dapat diambil dari suatu cerita. Koda merupaka hikmah yang terkandung dalam cerita. Koda biasanya dapat diketaui setelah pembaca semua cerita dalam cerpen yakni dari permulaan hingga ahir dari cerita. Koda dapat berupa nasehat, pelajaran dan peringatan bagi pembacanya.

Baca Juga : Pengertian Berita, Syarat Berita, Pokok-pokok Berita dan Contoh Tex Berita Lengkap

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Cerpen, Ciri-ciri Cerpen dan Struktur Cerpen Lengkap"

Post a Comment