Pengertian Iklan, Syarat Iklan, Manfaat Iklan, dan Contoh Iklan

Berikut ini adalah artikel yang menjelaskan tentang Iklan, Pengertian Iklan, Membaca Iklan, Contoh Iklan, Syarat Iklan, Manfaat Iklan

Pengertian Iklan

Iklan adalah “ kegiatan memberitahukan atau menginformasikan suatu hal, barang, atau jasa melalui media massa baik online maupun ofline. Media yang digunakan, antara lain televisi, radio, koran, majalah, internet,hp,poster, pamflet, brosur, spanduk dan sebagainya”.

Iklan adalah informasi yang isinya membujuk khalayak banyak atau orang banyak supaya tertarik kepada barang atau jasa yang ditawarkan.

Dengan kata lain, iklan memberitahu kepada banyak orang mengenai barang dan jasa yang dijual, dipasang di media massa seperti kran dan majalah atau di tempat-tempat umum.

Kata Iklan berasal dari kata Yunani yang artinya menggiring orang-orang kepada gagasan. Pengertian iklan secara lengkap yaitu semua wujud aktivitas untuk mendatangkan dan menawarkan penemu/ide, barang dan/atau jasa secara bukan personal yang dibayarkan oleh sponsor tertentu.

Secara umum, iklan berwujud penyajian informasi nonpersonal tentang suatu produk, merek, perusahaan, atau toko yang dijalankan dengan kompensasi biaya tertentu. Maka dari itu, iklan berupa proses komunikasi yang memiliki tujuan membujuk atau menarik orang banyak untuk mengambil tindakan yang menguntungkan pihak yang membuat iklan.

Membaca Iklan

Kalimat Fakta dalam Iklan Pendidikan

Iklan merupakan media komunikasi persuasif yang di rancang untuk menghasilkan respon dan membantu tercapainya objektivitas atau tujuan pemasaran (Gilson & Berkman, 1980). Iklan pendidikan merupakan iklan yang disampaikan oleh institusi pendidikan, baik dinas pendididkan kecamatan, kabupaten,provinsi, dan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan (Arief Mustofa).

Fakta adalah sesuatu yang tertangkap oleh indra manusia atau data keadaan nyata yang terbukti dan telah menjadi suatu kenyataan. Fakta dalam iklan dapat berbentuk frase atau kata.

Contoh Iklan :

PENGUMUMAN

Diberitahukan kepada siswa SMP Inovasi, bahwa pada tanggal 23 November 2013 pukul 14.00 s.d. 16.00 bertempat di Lapangan SMP Inovasi akan dilaksanakan Pembukaan Respect Cup II. Harap seluruh siswa menghadiri kegiatan tersebut.

Penjelasan Isi Salah Satu Kalimat dalam Iklan Layanan Masyarakat

Iklan masyarakat adalah iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi, yakni kondisi yang bisa mengancam keselarasan dan kehidupan umum.

Iklan layanan masyarakat bertujuan untuk memberikan penerangan atau penjelasan kepada masyarakat. Maksud kalimat dalam iklan merupakan makna tersirat dalam kalimat tersebut, atau penjelasan dari sebuah kalimat.

Contoh Iklan 

Butuh Uang Dalam Waktu Singkat?

Jangan pernah ragu-ragu datangi pegadaian disekitar anda. Karena pegadaian menyelesaikan masalah tanpa masalah.

Syarat Iklan


  1. Kata dan bahasanya tertata dan tidak memiliki tafsir ganda.
  2. Bahasa yang dipakai menarik dan mudah diingat-ingat oleh masyarakat.
  3. Tidak boleh merendahkan atau menghina produk sejenis dari perusahaan lain.
  4. Tidak boleh berbohong, harus apa adanya.
  5. Iklan harus dibuat dengan memperhatikan tata bahasa, etika, sopan santun, target pasar, dan lain-lain.


Manfaat Iklan

Seperti yang kita tahu, iklan sangat berperan dalam aktivitas bisnis. Adapun manfaat iklan yaitu :

  1. Produk menjadi lebih terkenal di mata masyarakat
  2. Keuntungan yang diperoleh dalam bisnis dapat melonjak naik karena produk dipromosikan
Iklan, Pengertian Iklan, Membaca Iklan, Contoh Iklan, Syarat Iklan, Manfaat Iklan, iklan baris , jenis jenis iklan, contoh teks iklan, 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Iklan, Syarat Iklan, Manfaat Iklan, dan Contoh Iklan"

Post a Comment