Pengertian Dongeng, Ciri Ciri serta Jenis Dongeng

Sahabat Pelajar - Berikut ini merupakan pembahasan tentang Dongeng, adapun pembahasannya meliputi Pengertian Dongeng, Jenis-Jenis Dongeng, Ciri-Ciri Dongeng. Berikut pembahasan lengkapnya.
Jika mendengar kata Dongeng, pasti kalian ingat cerita-cerita rakyat Indonesia yang seru itu. Apa sih pengertian dongeng? ciri – ciri dongeng itu seperti apa? apa semua cerita bisa disebut dongeng? dan jenis dongeng itu apa saja sih?. Pertanyaan-pertanyaan ini pasti membuat kalian penasaran, kita kupas yuk semuanya.

Dongeng merupakan sebuah warisan dari nenek moyang secara turun temurun yang harus kita lestarikan keberadaannya. Meskipun benar atau tidaknya sebuah dongeng tersebut masih perlu kita pertanyakan. Dongeng merupakan sebuah karya sastra yang bisa membangun karakter anak-anak untuk belajar berimajinasi.

Pengertian Dongeng

Boscom dalam Danandjaja mendefinisikan pengertian dongeng, bahwa dongeng di anggap sebagai prosa fiktif yang bertujuan untuk hiburan, pelajaran(moral) atau bertujuan lain untuk menyindir. Meskipun dongeng adalah suatu karya sastra fiktif yang tidak terikat oleh waktu, dongeng banyak terinpirasi dari dunia nyata.
Dongeng termasuk dalam karya sastra foklor, ilmu yang menjelaskan tentang kebudayaan yang berada di masyarakat. Contohnya adalah dongeng yang di ceritakan secara lisan sebagai pengantar tidur ataupun dongeng yang di ceritakan secara terbuka dengen menggunakan media lainnya, seperti boneka dll.

Jenis-Jenis Dongeng

  1. Mite merupakan dongeng yang bercerita mengenai kehidupan makhluk halus, setan, jin maupun dewa-dewi. Contohnya adalah dongeng dewi sri.
  2. Legenda merupakan cerita yang lahir di tengah masyarakat yang berhubungan dengan keaadan atau suatu peristiwa yang terjadi pada saaat itu dan mehirkan suatu asal usul suatu suatu nama daerah atau keadaan alam yang terjadi. Contohnya adalah legenda banyuwangi, malin kundang, legenda danau toba dll
  3. Fabel merupakan cerita yang mengangkat binatang sebagai tokoh dan menceritakan tentang kehidupan mereka. Contohnya Sang kancil
  4. Hikayat merupakan sebuah dongeng yang berkisah tentang kehebatan ataupun kepahlawanan seseorang lengkap dengan kesaktian, keanehan serta mukjizat tokoh utama. Contohnya, Hikayat Si Miskin, Hikayat Sri Rama
  5. Parabel adalah suatu dongeng yang menggunakan perumpamaan yang menggunakan kiasan kiasan  yang bertujuan untuk mendidik pembacanya. Contohnya sepasang selot kulit.

Dongeng orang pendir adalah dongeng yang bersifat jenaka yang menceritakan tentang pengalaman pengalaman konyol maupun tingkah laku sang tokoh yang cerdik dan jenaka. Contohnya dongeng abu nawas.

Ciri-Ciri Dongeng

  1. Alur yang digunakan sederhana
  2. Ceritanya singkat dan bergerak cepat
  3. Karakter tokoh tidak diuraikan secara rinci
  4. Ceritanya disampaikan dari mulut ke mulut atau secara lisan
  5. Pesan atau tema terkadang dituliskan dalam cerita
  6. Umumnya, pendahuluannya sangat singkat dan langsung.
Lihat Contoh Dongeng 
Baca Juga : Ciri-Ciri, Jenis dan Nilai Karya Sastra Melayu Klasik beserta Contohnya
Demikian pembahasan tentang pengertian dongeng, dongeng anak, dongeng, cerita dongeng, kumpulan dongeng, contoh dongeng, cerita dongeng anak, dongeng anak anak, dongeng pendek, dongeng sebelum tidur, dongeng fabel, kumpulan dongeng anak, contoh fabel, cerita anak anak, dongeng anak pendek, contoh dongeng pendek, cerita anak bergambar, jenis jenis dongeng, dongeng anak sebelum tidur, cerita dongeng pendek, pengertian legenda, kumpulan cerita dongeng, dongeng singkat, contoh dongeng fabel, contoh dongeng singkat, cerita dongeng anak anak, contoh cerita rakyat, dongeng cerita rakyat, arti dongeng, contoh cerita dongeng, contoh dongeng anak

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dongeng, Ciri Ciri serta Jenis Dongeng"

Post a Comment